Organisasi Perantau DPD PKKS Riau dikukuhkan oleh Bupati Solok

By Kesbangpol Kab. Solok 05 Jul 2020, 19:37:32 WIB Organisasi Kemasyarakatan
Organisasi Perantau DPD PKKS Riau dikukuhkan oleh Bupati Solok

Keterangan Gambar : Bupati SOlok H. Gusmal, SE, MM mengukuhkan pengurus PKKS Provinsi Riau periode 2020 - 2025 Sabtu (4/7)


Arosuka (Kesbangpol).  Bupati Solok H.Gusmal, SE, dalam sambutannya diacara Pengukuhan Pengurus DPD Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok (PKKS) Provinsi Riau periode 2020 - 2025 di Sekretariat DPD PKKS yang dilaksanakan di Aula Gedung SMK Telkom Kelurahan Bina Widia Kecamatan Tampan Kota Pekan Baru, Sabtu (4/7) mengatakan bagi Pemerintah daerah keberadaan Perantau merupakan asset yang perlu menjadi perhatian dan pembinaan. Karena kata Bupati, selain sebagai wadah silaturahmi antar sesama warga di perantauan, juga sebagai sarana untuk melakukan kontribusi dalam membangun kampung halaman

 

Acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Ketua TP PKK Hj. Desnadefi Gusmal, Plt. Kakan Kesbangpol Riswanto, S.Sos dan sejumlah pejabat lainya.

 

Sedangkan dari Provinsi Riau hadir Ketua DPD PKKS Riau H.M Faisal, SPd, MPd Wakil Ketua DPRD Kota Pekan Baru Ginda Burnama, ST, Wakil Ketua PKKS Baikal, M.Si Sekretaris Umum Fedriyal jajaran pengurus dan seluruh warga Kabupaten Solok yang tergabung dalam wadah PKKS di Provinsi Riau.

 

Lebih lanjut Bupati Solok mengatakan, bahwa sebagai organisasi yang mewadahi warga Kabupaten Solok di Provinsi Riau, diharapkan PKKS bisa memberikan kontribusi nyata terhadap warga Kabupaten Solok, Seperti mencari atau menciptakan lapangan kerja, lalu menjalin dan menjaga hubungan silaturahmi, meningkatkan potensi ekonomi, meningkatkan kualitas SDM dan menjadi masyarakat yang produktif.

 

Bupati Solok juga menyebutkan, perantau Solok tidak boleh melupakan Kampung Halaman. Walau bagaimanapun sibuknya di rantau dan bagaimanapun kondisinya, sediakan jugalah waktu untuk Keluarga dan kampung halaman.

 

Terkait dengan keberadaan DPD PKKS Riau, Bupati Solok mengatakan dalam hal menyusun Rapat kerja PKKS, lakukan hal-hal seperti menginventarisir tentang keberadaan Profil dan Aktifitas seluruh Warga Kabupaten Solok yang ada di Propinsi Riau. Kemudian ketahui dengan pasti apa yang menjadi Program dan Kegiatan Pemerintah Propinsi Riau dan Kota Pekanbaru

 

“Warga Kabupaten Solok harus menjadi warga kelas satu yang terbaik di Provinsi Riau, baik dalam hal kualitas maupun kontribusi yang diberikan dalam pembangunan, bak pepatah, Dimana Bumi di Pijak disitu Langit di junjung," ujar Bupati Solok.

 

Bupati Solok juga menyempatkan diri memberikan bantuan berupa kain sarung dan baju koko kepada 4 orang Muallaf di kota Pekanbaru

 

Dikatakannya dalam hal menyusun Rapat kerja PKKS nantinya agar melakukan hal-hal sebagai berikut. a. Inventarisir tentang keberadaan, Profil dan Aktifitas seluruh Warga Kabupaten Solok yang ada di Propinsi Riau, b. Ketahui dengan pasti apa yang menjadi Program dan Kegiatan Pemerintah Propinsi Riau dan Kota Pekanbaru. c.  Ketahui juga apa yang menjadi Program dan Kegiatan Pemerintah Kabupaten Solok.

 

“Di Solok juga banyak UMKM, dan Kota Pekanbaru adalah pasarnya. Salah satu tugas Ketua DPD PKKS Riau bagaimana nantinya bisa memasarkan hasil kerajinan tangan di kampung halaman ke Riau, agar bisa terjual dengan baik sehingga meningkatkan pendapatan mereka," kata Bupati Solok.

 

Sebelumnya Panitia acara itu Asrizal Nurdin Danau Pandeka MD dalam Laporannya antara lain menyebutkan ada tiga agenda kegiatan diacara tersebut.

 

Pertama Pengukuhan DPD PKKS Provinsi Riau kedua pelaksanaan Rakerda dan ketiga Silaturahmi dengan Bupati Solok H Gusmal, SE, MM " kata AND Pandeka.

 

Adapun susunan pengurus PKKS Provinsi Riau periode 2020 - 2025 yang dikukuhkan adalah : Ketua HM Faisal, SPd, MPd, dibantu 11 orang Wakil Ketua, Sekretaris Fedriyal, S.Si dibantu Wakil Sekretaris 1 dan Wakil Sekretaris 2, Bendahara Fitri Yeni Umar dibantu Bendahara 1 dan Bendahara 2.

 

Selain itu, DPD PKKS Provinsi Riau 2020 - 2025 juga dilengkapi dengan sejumlah Divisi lainya.

 

Sementara itu, Ketua DPD PKKS Provinsi Riau M Faisal MPd, menjelaskan bahwa DPD PKKS Riau akan berusaha membangun sinergitas dalam hal pembangunan dan perekonomian.

 

 "Kita tentu tahu untuk sekarang ini kondisi Kota Pekanbaru dalam pembangunan bisa dijadikan barometer untuk masyarakat rantau yang ada di Solok. Dalam rapat kerja  kita akan menyusun program-program jangka pendek dan panjang nanti," kata H.M. Faisal.

 

“Jangan sampai ada putra dan putri Kabupaten Solok yang akan menemupuh jenjang pendidikan tingkat SLTP dan SLTA yang tidak bersekolah. Antarkan saja ke sini, dan diterima dengan tidak ada biaya sedikitpun atau Gratis.”

 

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama ST saat menghadiri undangan pengukuhan dan rapat kerja DPD Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok (PKKS) ini menyampaikan sambutan yang luar biasa dengan kebersamaan dengan perantau maka kota Pekanbaru bisa menjadi maju seperti saat ini.

 

Makanya, disampaikan Ginda lagi, antara pemerintah kota Pekanbaru, dan dengan pemerintah kabupaten Solok akan ada banyak kerjasama yang dilakukan.

“Apa yang disinergikan itu supaya dapat di wujudkan kedepannya," katanya.

 

Apalagi, Pekanbaru yang menjadi barometer pembangunan di Provinsi Riau, bahkan untuk pulau Sumatera. Dan ini dibuktikan dari letaknya yang strategis, dan pertumbuhan yang terus terjadi setiap tahunnya.

 

"Apa-apa yang bisa disinergikan semoga bisa direalisasikan, terutama soal kepemudaannya. Karena pemuda ini merupakan penentu arah masa depan bangsa. dan apa yang diniatkan bisa diwujudkan dan menjadi amal jariyah bagi semua," harapnya.

 

Dalam membangun daerah agar lebih bermartabat, diungkapkan Ginda lagi tidak cukup juga jika hanya dengan disiplin, kreatif dan inovatif. Juga harus dengan akhlak yang profesional, amanah, dan santun sesuai dengan visi misi kota Pekanbaru.

 

*H69*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment