Memutus mata rantai Corona di Perbatasan

By Kesbangpol Kab. Solok 28 Mar 2020, 16:48:09 WIB Kesatuan Bangsa
Memutus mata rantai Corona di Perbatasan

Keterangan Gambar : Proses penyemprotan disinfektan oleh team gugus tugas penanganan covid-19 bagi kendaraan yang akan memasuki Kabupaten Solok (H69)


 

Arosuka ( Kesbangpol ), Untuk Untuk menangkal penyebaran Covid-19 Kabupaten Solok, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM instruksikan mulai tanggal 25 Maret 2020 diberlakukan pemeriksaan di Perbatasan yang akan memasuki wilayah Kabupaten Solok, Kendaraan roda empat yang masuk ke Kabupaten Solok harus antre disemprot disinfektan. Itu dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Penyemprotan dilakukan puluhan petugas Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD, PMI bersama dengan Petugas Medis Dinas Kesehatan, Satpol PP & Damkar, Dinas Perhubungan,TNI Anggota Kodim 0309 Solok,  dan Sat Lantas Polres Solok dan Polres Solok Kota  di jalur perbatasan menuju Kabupaten Solok, Sabtu. Pantauan di lokasi sabtu (28/3), seluruh kendaraan pribadi maupun angkutan umum, yang akan masuk ke Kabupaten Solok diperlambat. Setelah itu, kendaraan tersebut diarahkan antre untuk disemprot. Baik di luar maupun di dalam mobil.

Kegiatan di perbatasan menuju Kabupaten Solok ini dipimpin Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Solok Muhammad Joni. Kegiatan ini juga melibatkan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok, TNI, Dinas Kesehatan, BPBD, Satpol PP, PMI, Camat beserta Wali Nagari setempat dan instansi terkait lainya.

Selain kendaraannya disemprot disinfektan, pemilik kendaraan juga diberikan sosialisasi untuk social distancing dan physical distancing serta diminta untuk cuci tangan dengan hand sanitizer yang disiapkan petugas gabungan.

“Hari ini kita bersinergi melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan kendaraan yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Solok. Tujuanya kita melaksanakan sosialisasi dalam rangka mencegah penularan Covid-19, apabila tidak ada kepentingan  mendesak untuk itu diminta tidak usah keluar dari rumah,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Solok, Muhammad Joni.

Tim kesehatan yang ikut bergabung dalam razia ini melakukan pengecekan suhu tubuh para pengendara dan para penumpang yang bertujuan ke Kabupaten Solok. Kebijakan tegas diterapkan, bagi yang suhunya tinggi akan dicek kesehatanya lebih lanjut.

“Bagi pengendara yang suhu tubuhnya tinggi kita istirahatkan sejenak, karena mungkin dia dehidrasi dan lainnya. Setelah beberapa saat istirahat kita ukur lagi, kalau turun kami persilahkan untuk melanjutkan perjalanan. Kalau masih tetap tinggi akan diperiksa lebih lanjut. Tadi ada yang suhunya 37.5 setelah istirahat suhunya turun, maka kita persilahkan untuk melanjutkan perjalanan”

Lebih dalam Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menyampaikan, agenda semacam ini rencananya akan dilanjutkan dan akan dimasifkan dengan melihat situasi dan kondisi lebih lanjut.  Karena sebagaimana tradisi di ranah minang ini, jelang puasa dan lebaran identik dengan budaya mudik atau pulang basamo.

“Kita akan lihat situasi kedepan seperti apa, bila perlu untuk kegiatan lanjutan maka akan kita laksanakan,” tambah Bupati Solok.

Senada dengan Bupati Solok, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Solok Junaidi, S.Sos di Dampingi Kasi Kesbang Mhd. Nasir juga mengingatkan kepada masyarakat yang tidak berkepentingan untuk sementara waktu tinggal dirumah saja. Ini dilaksanakan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Apabila tidak ada hal-hal yang sekiranya penting lebih baik tinggal dirumah saja. Ini merupakan upaya kita bersama untuk memutus mata rantai Covid-19. Perhatikan instruksi dari pemerintah dan maklumat dari Kapolri, kita patuhi anjuran pemerintah sebagai wujud dukungan kita perang lawan Covid-19,” Imbuh Junaidi

Bupati Solok bersama Forkopimda sangat serius dalam menyikapi wabah Covid-19 ini. Seperti tidak kenal lelah selalu mengomandoi kegiatan ini. Sudah beberapat kali dilakukan rapat koordinasi bersama dengan instansi terkait. Beberapa edaran dan himbauan juga sudah diterbitkan.

Bupati Solok juga mengapresiasi semua pihak yang fokus terhadap wabah covid-19 ini serta mengucapkan terima kasih atas semua yang dicurahkan dalam kebersamaan menghadapi ini. Insya Allah, apabila kita semua menyadari bahaya covid-19 ini dan mematuhi arahan dan maklumat dari Pemerintah Niscaya musibah ini akan berlalu.

 

#H69




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment