BPBD Kabupaten Solok cepat tanggapi bencana longsor dan banjir di Salimpat

By Kesbangpol Kab. Solok 13 Feb 2020, 22:29:33 WIB Kesatuan Bangsa
BPBD Kabupaten Solok cepat tanggapi bencana longsor dan banjir di Salimpat

Keterangan Gambar : Derasnya hujan akibatkan banjir yang meluap sampai ke jalan di Salimpat Kec. Lembah Gumanti (13/2)


AROSUKA(Kesbangpol) Diakibatkan derasnya hujan  yang mengguyur kawasan lembah Gumanti sepanjang kamis (13/2)  membuat jalan lintas utama menuju Kecamatan  Hiliran Gumanti terputus total akibat diterjang banjir dan tanah longsor. Lokasi longsor berada di Jorong Sipadieh Simpang Taratak Baru Salimpek Kecamatan Lembah Gumanti.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Solok  Armen AP. MM menyebutkan, jalan yang menjadi akses utama bagi warga nagari Alahan Panjang dengan Talang Babungo tersebut, tertimbun material longsor sepanjang 400 meter.

Akibatnya material serta longsoran yang menimbun badan jalan di Sipadieh Simpang Taratak Salimpek berdampak terhadap  masyarakat Talang Babungo, Sariek Alahan Tigo, Sungai Abu dan Alahan panjang yang berada di wilayah kecamatan Hiliran Gumanti dan Lembah Gumati terjebak di lokasi dan tidak bisa kembali ke rumah yang mana pada hari ini sedang hari pasar di Nagari Talang Babungo dan Nagari Alahan Panjang.

Sementara Camat Lembah Gumanti juga menyampaikan  Informasi dari Kepala KUA Kecamatan Lembah Gumanti bahwasanya tanah di Kantor KUA Kecamatan Lembah Gumanti,  roboh sehingga menghambat akses jalan.

Untuk pemantauan dilapangan dan penanggulangan awal juga direspon oleh anggota PP di komandoi oleh Lamud Wijaya yang sudah berada di lokasi bencana sejak sore tadi.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Solok Armen AP. MM juga meyatakan bahwa Tim reaksi cepat (TRC) BPBD telah meluncur ke lokasi untuk membantu melakukan upaya tanggap darurat. Armen, AP juga sudah melakukan koordinasi  degan SKPD terkait, Stakeholder kebencanaan, TNI, Polri, PMI, PP, Tagana dan RAPI Lokal Solok  untuk segera menuju lokasi bencana, karena masih banyak warga yang terjebak

Saat ini kendaraan sudah bisa melewati jalan tersebut  terutama  kendaraan roda dua dan kendaraan truck yang kondisi agak lebih tinggi. Untuk jenis kendaraan pribadi belum bisa dilalui karena khawatir tersangkut  pada area longsor.

Sementara dilaporkan tidak ada terdapat korban jiwa dan hanya ada 1 (satu) sepeda motor warga yang terbawa oleh derasnya air, namun ini bisa dilakukan evakuasi penyelamatan oleh warga.

Kalaksa BPBD Kab. Solok  Armen AP. MM juga tidak bosan-bosannya menyampaikan bahwa dalam kondisi saat ini cuaca memang agak cenderung ekstrim dan diminta kepada masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati. Sementara untuk Penanggulangan Bencana oleh instasi terakit dan kelompok serta relawan penanggulangan bencana memang telah meningkatkan kewaspadaan dan tanggap terhadap akan terjadinya musibah bencana alam.

 

(H69)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment