Khidmad pelaksanaan Apel Siaga Bencana Kabupaten Solok Tahun 2020

By Kesbangpol Kab. Solok 12 Feb 2020, 18:24:13 WIB Kesatuan Bangsa
Khidmad pelaksanaan Apel Siaga Bencana Kabupaten Solok Tahun 2020

Arosuka - (Kesbangpol)  Pemerintah Kabupaten Solok menggelar Apel Siaga Bencana, sekaligus penyerahan peralatan pendukung operasional kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana alam di Lapangan GOR Batu Batupang Koto Baru Solok, Rabu (12/2/2020).

Dandim 0309 Solok Letkol Arm. Reno Triambodo  memimpin jalanya Apel Siaga bencana ini didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Kabupaten Solok dan diikuti unsur ASN Pemkab Solok, BPBD, TNI, Polri, PMI, RAPI, Sapol PP & Damkar, Kelompok Siaga Bencana Nagari (KSB) serta relawan tanggap bencana, dan berbagai unsur lainnya. Tampak juga hadir Kakan Kesbangpol Kabupaten Solok Junaidi, S.Sos

Kegiatan apel ini dimulai dengan pemeriksaan pasukan oleh Komandan Apel Dandim 0309 Solok Letkol Arm. Reno Triambodo didampingi oleh pemimpin apel.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis peralatan yang dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam.

Potensi bencana alam di Kabupaten Solok yang tinggi angka kejadiannya adalah Banjir, Banjir Bandang serta Bencana Longsor.

Dalam amanat Bupati Solok yang dibacakan oleh Dandim 0309 Solok Letkol Arm. Reno Triambodo menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta apel siaga bencana ini yang mana peserta apel adalah Garda terdepan dalam penanggulangan bencana seperti yang diamanatkan dalam UU Nomor 23 Tahun 2014.

Adapun output yang diharapkan dari apel siaga bencana ini supaya masing-masing OPD, TNI, POLRI serta pemangku kepentingan lainnya agar lebih profesional dan cepat tanggap sesuai dengan mottonya :Tanggap, Tangkas dan Tangguh.

Pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Sentul, Bogor Jawa Barat Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan : Pertama Seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah harus bersinergi dalamupaya pencegahan Bencana. Kedua Para Gubernur / Bupati / Walikota harus segera menyusun kontijensi termasuk juga penyediaan sarana dan prasarana. Ketiga Melakukan Penanggulangan Bencana secara kolaboratif antara Pemerintah, Akedimisi serta juga media massa. Keempat Peningkatan Kepemimipinan sera potensi dan juga suber daya yang handal. Kelima Panglima dan Kapolri untuk turut sera dalam upaya penanggulangan bencana dan penegakan hukum.

Kepada seluruh peserta apel dalam penaggulangan bencana harus saling bahu membahu dan berperan sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

Sementara Kakan Kesbangpol berharap dalam apel siaga bencana ini untuk dapat meningkatkan komunikasi kepada semua steackholder dan juga keterbukaan informasi dari peristiwa bencana. Ini juga tuntutan dari  SE Mendagri Nomor : 273/487/SJ tanggal 21 Januari 2020 disana diamanatkan tentang penegasan agar semua Kepala Daerah menyampaikan Laporan Situasi Harian Bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM.

“Kita jaga alam, alam jaga kita “

(H69)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment