KPU Kabupaten Solok Rekrut PPK Pilkada Serentak Tahun 2020

By Kesbangpol Kab. Solok 09 Feb 2020, 19:15:18 WIB Politik
KPU Kabupaten Solok Rekrut PPK Pilkada Serentak Tahun 2020

Keterangan Gambar : Komisioner KPU Kabupaten Solok saat melakukan wawancara terhadap calon PPK Kabupaten Solok Minggu (9/2)


Arosuka (Kesbangpol), – Tahapan Pembentukan Badan Adhoc, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Tahun 2020 masih berjalan, minggu ini sedang dijadwalkan bagi calon PPK menjalani tahapan tes wawancara mulai Sabtu (8/2) s/d Rabu (12/2).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok GADIS M melalui Sekretaris KPU EFRIZON, SH, M.SI, menyampaikan bahwa sesuai jadwal tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020, KPU Kabupaten Solok melaksanakan tahapan tes wawancara mulai Sabtu (8/2) kemarin secara marathon sampai malam sesuai dengan Time Line yang telah ditetapkan

"Tes wawancara dilaksanakan per kecamatan dan jadwalnya sudah ditentukan, kami harap calon PPK menyiapkan diri dengan baik dan tidak datang terlambat," ungkap EFRIZON, SH, M.SI, Sekretaris KPU. Sementara jadwal wawancara tersebut sudah diinformasikan melalui pengumuman resmi di website KPU Kabupaten Solok jauh-jauh hari. Tujuannya agar calon PPK dapat mempersiapkan diri dengan baik.

"Kami minta calon PPK hadir tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Hal ini tentu akan menjadi gambaran kualitas disiplin dari setiap calon PPK, dimana di lembaga KPU ini sistem kerjanya sesuai tahapan, artinya segala sesuatunya harus selalu tepat waktu dan tidak boleh ada keterlambatan," tegasnya.

Tes wawancara dilaksanakan di kantor KPU Kabupaten Solok. Dalam mengikuti tes wawancara, calon PPK diminta hadir 30 menit sebelum jadwalnya dimulai. Peserta berpakaian bebas rapi, bersepatu, membawa ID card beserta KTP/ Identitas diri.

Dari tahapan yang sudah dilewati ditetapkan sebanyak 140 peserta yang terbagi pada 14 Kecamatan di Kabupaten Solok masing-masing Kecamatan hasil seleksi 10 orang calon PPK untuk dilakukan tahapan wawancara.

Diantara subtansi yang ditekankan saat wawancara disamping pengetahun tekhnis dan spesifikasi sesuai aturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan KPU, Bagi calon PPK juga diutamakan yang telah berpengalaman sebagai PPK pada Kegiatan Pemilihan yang telah lalu.

Sekretaris KPU juga menambahkan sebagai bahan pertimbangan non tekhnis adalah keterlibatan calon PPK ini dengan Partai Politik dan juga keterikatan dengan bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Solok Tahun 2020 yang nantinya akan bertarung pada pilkada serentak tahun 2020 ini.

Juga diharapkan bagi Calon PPK memahami dan memiliki pengetahuan kewilayahan pada wilayah Kecamatan itu sendiri, tidak saja secara teritorial namun secara keseluruhan termasuk karakter wilayah penduduk dan kelompok yang ada di Kecamatan guna menunjang tugas yang akan diemban nanti.

Secara terpisah Kakan Kesbangpol Kabupaten Solok Junaidi, S.Sos menambahkan bahwa semua tahapan yang sudah ditetapkan KPU diharapkan dapat berjalan dengan sempurna. Sukses pilkada adalah sukses kita semua Kabupaten Solok, karena ini salah satu perhelatan akbar di Kabupaten Solok. 

 

(*H69*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment