BAGAN DANAU SINGKARAK DITERTIBKAN
PenertibanBagan di Salingka Danau Singkarak oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Barat

By Kesbangpol Kab. Solok 13 Nov 2018, 15:42:04 WIB Kesatuan Bangsa
BAGAN DANAU SINGKARAK DITERTIBKAN

Keterangan Gambar : Nelayan pemilik bagan sedang membongkar sediri bagan milik mereka di Tembok Nagari Kacang. (H69)


Arosuka, Kesbangpol – Penertiban bagan didanau Singkarak Kabupaten Solok dilaksanakan selama dua hari Senin dan Selasa (12 -13/11) oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Barat. Penertiban ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama yang awalnya akan dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2018 kemaren ini. Penertiban bagan ini dilakukan oleh Tim yang terdiri dari Dinas Kelautan Propinsi Sumatera Barat, Satpol PP Propinsi Sumatera Barat, Dinas ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok, Camat Junjung Sirih, Camat X Koto Singkarak dan juga mengikutsertakan Personil Koramil X Koto dibawah serta duo Polsek yakni Polsek Junjung Sirih dan Polsek Singkarak.

Penertiban ini berjalan tanpa ada kegaduhan karena masyarakat dan Nelayan pemilik bagan jauh-jauh hari telah mengetahui. Di beberapa titik pada Nagari selingkar Danau Singkarak sudah banyak yang ditarik kepinggir danau bahkan dibongkar sendiri oleh pemilik bagan. Adapun bagan yang masih berada ditengah danau disikapi oleh Tim penertiban dengan melakukan penarikan kepinggir danau dan memanggil pemilik bagan untuk membongkar sendiri bagan mereka yang dituangkan dalam surat perjanjian dengan Tim penertiban langsung di lapangan.

Bupati Solok dalam hal ini meminta kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok untuk menyikapi ini secara serius dari awal dengan tidak ada nantinya pihak yang merasa dirugikan serta bilih yang sudah jadi icon danau Singkarak tidak lagi langka seperti kondisi sekarang ini. Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok Drh. Kennedy Hamzah telah menunjukan keseriusan yang sangat kepada nelayan yang berada pada Nagari-nagari selingkar danau Singkarak. Dengan meluncurkan beberapa program kegiatan yang menyentuh langsung serta memfasilitasi dengan berbagai bantuan dari Pemerintah.

(H69)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment